Perbandingan Implementasi MBKM pada Bidang Sosial dan Sains

Syafrinaldi, Syafrinaldi and Nasution, Arbi Haza and Syafhendry, Syafhendry (2022) Perbandingan Implementasi MBKM pada Bidang Sosial dan Sains. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4 (6). pp. 7455-7466. ISSN 2656-8071

[img] Text
J7.1.pdf - Published Version

Download (723kB)
Official URL: https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/articl...

Abstract

Penelitian mengenai implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) telah banyak dilakukan. Namun, belum ada penelitian yang secara khusus membandingkan implementasi MBKM di bidang Sosial dan Sains. Jika terdapat perbedaan sigfinikan antara mahasiswa Sosial dan Sains, perguruan tinggi perlu menetapkan strategi khusus untuk masing-masing kedua bidang. Sampel penelitian ini adalah lima perguruan tinggi yang berada di Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik survey dengan instrumen kuesioner. Dari data yang terkumpul, dilakukan analisis deskriptif bagaimana minat, pengetahuan mahasiswa terhadap program MBKM, kesiapan mengikuti MBKM dan persepsi terhadap program-program MBKM. Selain analisis deskriptif terhadap variabel tersebut, dilakukan juga analisis perbandingan impelementasi secara total program MBKM pada mahasiswa bidang bidang Sosial dan Sains. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada variabel pengetahuan, minat, kesiapan dan persepsi mengikuti program MBKM. Hasil ini dibuktikan dari hasil uji perbandingan t-test dengan nilai signifikan sebesar 0.083. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk perbaikan dan rekomendasi terhadap kebijakan universitas di Pekanbaru, Riau, dan seluruh penjuru Indonesia dimana tidak perlu perlakuan khusus antara bidang Sosial dan Sains dalam implementasi kegiatan MBKM.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: > Teknik Informatika
Depositing User: Monika Winda Monika
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:02
Last Modified: 28 Mar 2023 07:02
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/21145

Actions (login required)

View Item View Item