Mutia, Vernanda (2015) Perbandingan Hasil Belajar Biologi antara Kelas yang Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Kelas yang Menerapkan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
|
Text
bab2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
||
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017, pada materi Sistem Ekskresi. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan uji homogenitas dari nilai pre-test. Uji homogenitas melalui uji –T diketahui bahwa Thitung< Ttabel = 0,86 < 2,00, maka H0 diterima dan H1 ditolak sehingga sampel dinyatakan homogen. Dua kelas yang homogen kemudian dipilih secara undian untuk menentukan kelas eksperimen 1 (X1) dan eksperimen 2 (X2), maka terpilih kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL). Hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar Post-Test siswa, kelas eksperimen 1 = 89,86 dan kelas eksperimen 2 = 91,39, hasil belajar psikomotorik siswa kelas eksperimen 1 = 94,21 dan nilai hasil belajar psikomotik kelas eksperimen 2 = 90,30. Analisis data uji-T diketahui bahwa Thitung (-1,39) < Ttabel (2,00) dengan dk = 82 dan taraf = 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Dapat disimpulkan, bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas yang menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) pada kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2018 14:45 | |||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2018 15:41 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/97 |
Actions (login required)
View Item |