Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Kamar Pada Wisma Sumber Mas Raya (smr) Panam Pekanbaru

Siahaan, Binsar Parulian (2019) Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Kamar Pada Wisma Sumber Mas Raya (smr) Panam Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Factor; Penjualan Kamar Wisma Bagi konsumen yang membutuhkan jasa penginapan, mereka mengharapkan kemudahan-kemudahan, kecepatan pelayanan serta kualitas penginapan yang memuaskan bagi jasa pelayanan penginapan yang mereka butuhkan. Seperti halnya Wisma Sumber Mas Raya (SMR) Panam Pekanbaru. Adapun pemilihan Wisma SMR Panam sebagai lokasi penelitian karena penulis melihat bahwa wisma ini merupakan wisma yang terletak sangat strategis di daerah Panam yang ramai dengan berbagai aktivitas terutama aktivitas perekonomian dan pendidikan. Kondisi penjualan hunian kamar pada Wisma SMR Panam Pekanbaru yang ditawarkan yang mana penjualannya untuk 4 tahun terakhir penjualan kamar mengalami fluktuasi yang menimbulkan kerugian bagi pihak Wisma SMR. Dengan hasil penjualan tingkat hunian kamar yang mengalami fluktuasi tersebut, pihak Wisma SMR dituntut untuk lebih jeli melihat pasarnya dalam memasarkan jasa hunian kamar yang ditawarkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis faktor yang mempengaruhi penjualan kamar pada Wisma Sumber Mas Raya (SMR) Panam Pekanbaru dan mengetahui dan menganalisis upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan kamar pada Wisma Sumber Mas Raya (SMR) Panam Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian survey (field research). Penelitian ini mengambil lokasi pada wisma SMR Pekanbaru tepatnya di jalan HR. Subrantas Panam. Yang dijadikan sebagai populasi di dalam penelitian ini adalah Pihak Hotel SMR Pekanbaru sebanyak 10 orang dan konsumen yang menginap pada wisma SMR Pekanbaru yang diambil secara acak sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel dari unsur populasi dari pihak Wisma SMR dilakukan secara sensus, kecuali dari pihak maintenance diambil menggunakan teknik random sampling. Kemudian untuk populasi yang berasal dari pengunjung wisma diambil menggunakan teknik simple random sampling. Di dalam penelitian ini, jenis data yang dipergunakan terdiri dari data primer dan data sekunder.Untuk mendapatkan data dan keterangan yang diperlukan sehubungan dengan penelitian ini, dilakkukan dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner.Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan data dari hasil olahan penelitian yang dilakukan tentang tanggapan responden terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Kamar Pada Wisma Sumber Mas Raya (SMR) Panam Pekanbaru dapat diketahui bahwa rata-rata tanggapan dari responden sebesar 55% dengan rentang persentase berada pada 34% – 66%. Penilaian ini berada pada kategori Cukup Baik.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSyafri, Indraperpustakaan@uir.ac.id
UNSPECIFIEDSyarfan, La Odeperpustakaan@uir.ac.id
Uncontrolled Keywords: Factors; Sales Of Guesthouse Rooms
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: > Administrasi Publik
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 19 Mar 2022 03:54
Last Modified: 19 Mar 2022 03:54
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/9113

Actions (login required)

View Item View Item