Sukenti, Desi and Trisnawati, Tetin (2015) Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Keilmuan Keislaman, 12 (1). pp. 1-116. ISSN 1412-5382
|
Text
Pengaruh Metode Bermain Peran Naskah.pdf - Published Version Download (632kB) | Preview |
Abstract
Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, dalam suatu bangsa harus mempersiapkan masa depan anak-anak melalui pendidikan yang tepat. Pendidikan tidak hanya sebagai kegiatan pentrasferan ilmu akan tetapi juga pengembangan karakter dan kemampuan diri anak. Kemampuan untuk bersosialisasi dan mengemukakan pendapat secara lisan merupakan kemampuan yang wajib dikembangan dari dalam diri anak. Salah satu metode yang dipergunakan dalam pendidikan untuk mengembangkan kemampuan berbicara dan bersosialisasi anak adalah metode bermain peran. Penelitian ini fokus terhadap investigasi pada pengaruh metode bermain peran makro terhadap kemampuan berbicara anak. Ini adalah merupak penelitian eksperimen, sedangkan pengumpulan data dalam penelitianju ini adalah observasi dengan menggunakan skala-skala yang akan mengukur kemampuan berbicara anak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS 17,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode bermain peran makro terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 2 Pekanbaru.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan, metode bermain peran makro, kemampuan berbicara anak. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mia |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 06:34 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 06:34 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/9061 |
Actions (login required)
View Item |