Mutiara, Citra Kharisma (2018) Pelaksanaan Pembinaan Anak Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Bangkinang Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Masters thesis, Ilmu Hukum S.2.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (391kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (19kB) | Preview |
Abstract
Anak merupakan bagian dari masyarakat, mereka mempunyai hak yang sama dengan masyarakat lain yang harus dilindungi dan dihormati. berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 hingga keperaturan Undang-Undang dibawahnya bahwa setiap warga negara harus di perlakukan baik dan adil sama kedudukannya di dalam hukum. Untuk melaksanakan pembinaan dan memberikan perlindungan terhadap anak diperlukan dukungan baik yang menyangkut kelembagaan maupun perangkat hukum yang lebih memadai khususnya di lembaga pemasyarakatan kelas II B Bangkinang. Oleh karena itu terhadap anak yang melakukan tindak pidana diperlukan pembinaan anak secara khusus dan tidak berada satu lingkungan dengan narapidana dewasa. Hal tersebut sebagaimana ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Rumusan masalah yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah Pertama, Bagaimanakah pelaksanaan pemidanaan anak di Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Bangkinang berdaasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Kedua, Apakah yang menjadi hambatan dalam Pelaksanaan Pemidanaan Anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Bangkinang berdaasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini tergolong ke dalam penelitian lapangan, yaitu Observation Reseach, dimana dilakukan dengan cara survey sedangkan dilihat dari jenisnya bersifat deskriptif, yaitu memberikan gambaran pembinaan yang diberikan oleh lembaga pemasyarakatan kepada narapidana Anak. Dari hasil penelitian telah ditemukan: pertama, pelaksanaan pembinaan narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Bangkinang tidak hanya memberikan pembalasan atas kejahatan atau permbuatan kriminal yang mereka lakukan, namun memberikan pembinaan yang bertujuan untuk memperbaiki prilaku anak didik pemasyarakatan dan memberi bekal pengetahuan agar mereka siap kembali kemasyarakata setelah masa pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Bangkinang Kedua, hambatan dalam proses pelaksanaan pembinaan narapidana anak, yaitu dari segi sarana dan prasarana di Lembaga Pemasyarakatan Bangkinang kurang baik hal ini disebabkan jumlah penghuni lembaga pemasyarakatan kelas II B Bangkinang melebihi daya tampung bangunan (over capacity) yang seharusnya dihuni 274 tetapi dengan 1080 narapidana sehingga program-program yang telah direncanakan belum dapat dilakukan dengan maksimal untuk menujang proses pembinaan anak didik Pemasyarakatan, dan minimnya petugas yang bertugas di Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Bangkinang juga menjadi faktor penghambat
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > K Law (General) |
|||||||||
Divisions: | > Ilmu Hukum S.2 | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2018 08:35 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jun 2018 08:35 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/687 |
Actions (login required)
View Item |