Visma, Andella (2017) Pengembangan Alat Evaluasi Materi Metabolit Sekunder Pada Mata kuliah Tanaman Obat Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Riau. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (271kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (93kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan alat evaluasi materi metabolit sekunder matakuliah tanaman obat yang sangat layak digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Islam Riau. Alat evaluasi materi metabolit sekunder yang dikembangkan adalah 10 soal pilihan ganda, 5 soal sebab-akibat, 5 soal menjodohkan, 5 soal benar-salah, 10 soal isian singkat dan 5 soal essay. Pengembangan alat evaluasi ini menggunakan model pengembangan Plomp (2010). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap prototipe (prototyping stage). Uji coba produk ini dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau yang telah mengambil matakuliah tanaman obat dengan penentuan sampel menggunakan teknik purvosive sampling, dan jumlah sampel 30 orang mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah berupa prototype produk alat evaluasi materi metabolit sekunder dalam bentuk soal-soal yang disajikan. Hasil validasi oleh ahli evaluasi menunjukan bahwa alat evaluasi materi metabolit sekunder yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 98,36 %. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukan bahwa alat evaluasi materi metabolit sekunder dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 97,3 %. Alat evaluasi materi metabolit sekunder yang dikembangkan ini mendapat tanggapan sangan baik dari mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon peserta didik dengan rata-rata persentase 91,7% (sangat baik). Berdasarkan hasil pengembangan penelitian alat evaluasi materi metabolit sekunder sangat layak digunakan pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Islam Riau. Kata Kunci: Pengembangan, Alat Evaluasi, Metabolit Sekunder
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 25 May 2018 10:22 | |||||||||
Last Modified: | 25 May 2018 10:22 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/646 |
Actions (login required)
View Item |