Meidamayani S, Meidamayani S (2017) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Menigkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa XI IPA1 SMA PGRI Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (60kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (639kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (15kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (93kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA1 SMA PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing yang merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan analisis data secara deskriptif. Pengambilan data pada penelitian ini dimulai pada tanggal tanggal 19 Januari-27 Februari 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 yang berjumlah 33 orang siswa, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan.. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, daya serap siswa pada nilai PPK sebelum PTK yaitu 66,55%, setelah PTK pada siklus I sebesar 81,61% dan siklus II sebesar 86,30%. Ketuntasan klasikal siswa sebelum PTK yaitu 39,39%, setelah PTK pada siklus I sebesar 78,79% dan siklus II sebesar 100%. Nilai rata-rata daya serap KI siswa sebelum PTK yaitu 71,10%, setelah PTK pada siklus I sebesar 81,43% dan siklus II sebesar 88,23%. Ketuntasan klasiklal KI siswa sebelum PTK yaitu sebesar 48,48%, setelah PTK pada siklus I sebesar 84,85%, dan siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 25 May 2018 10:20 | |||||||||
Last Modified: | 25 May 2018 10:20 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/636 |
Actions (login required)
View Item |