Wismoyo, Arismunandar (2018) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 04 Lingga. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (382kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
Abstract
Lingkungan sekolah adalah seluruh komponen atau bagian yang terdapat di dalam sekolah yang membantu peserta didik dalam berinteraksi dengan berbagai lingkungan sekitarnya (fisik, sosial dan budaya), utamanya berbagai sumber daya pendidikan yang tersedia agar tercapai tujuan pendidikan yang optimal. Sedangkan motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Motivasi dalam kegiatan belajar siswa merupakan hal yang sangat penting, sebab dengan adanya motivasi, maka gairah dan semangat siswa untuk belajar menjadi tinggi dan membuat mereka tekun dan bersungguh-sungguh. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SMP Negeri 04Lingga, sekolah tersebut memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap dalam melakukan proses pembelajaran dibandingkan sekolah lain yang ada di Kecamatan Lingga. Ketersediaan sarana dan prasarana dapat mempengaruhi siswa terutama motivasi siswa untuk belajar. Berdasarkan hal demikian penulis melakukan penelitian pada siswa SMP Negeri 04Lingga dengan rumusan masalah “Apakah terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 04Lingga”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 04. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 04, sementara objek dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 04. Populasinya sebanyak 316 siswa. . Sampel penelitian ini sebanyak 76 orang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan metode kuantitatif. Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan SPSS for windows versi 23,0. Hasil penelitian ini diketahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 04memiliki hubungan rendah, ini diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar 15,3%. Sedangkan hasil uji parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 04, ini diketahui dari nilai thitung (3.661) lebih besar dari ttabel (1,665) ini berarti secara parsial dapat diketahui bahwa variabel X (lingkungan sekolah) berpengaruh terhadap variabel Y (motivasi belajar). Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 21 May 2018 10:00 | |||||||||
Last Modified: | 21 May 2018 10:00 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/603 |
Actions (login required)
View Item |