Dina, Afriani (2018) Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 7 Tapung. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (238kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan bahwa motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong rendah. Rendahnya motivasi belajar siswa merupakan suatu problema yang perlu diperhatikan oleh setiap satuan pendidikan. Hal ini disebabkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menjadi tolak ukur bagi keberhasilan dan tercapainya tujuan pendidikan. Di SMPN 7 Tapung sebagian besar siswa di kelas VIII memiliki motivasi belajar yang rendah pada pelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat ketika proses belajar mengajar berlangsung siswa malas, jarang mengerjakan tugas, pembelajaran berlangsung secara monoton yakni guru fokus pada diri sendiri. Salah satu metode yang dapat merangsang siswa berfikir dan mengeluarkan pendapat sendiri, serta ikut menyumbangkan pikiran dalam suatu masalah dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal adalah metode diskusi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII-B SMPN 7 Tapung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas VIII di SMPN 7 Tapung. Penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas VIII-B SMPN 7 Tapung, sedangkan objek dari penelitian ini adalah penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes motivasi. Berdasarkan analisa data yang diperoleh dari lapangan dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa menggunakan metode diskusi mengalami peningkatan dari kondisi awal yakni rendah dengan persentase 38%, siklus I kategori tinggi dengan persentase 54%, dan siklus II kategori sangat tinggi dengan persetase 77%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMPN 7 Tapung termasuk dalam kategori “sangat tinggi”. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase sebesar 77%. Kata Kunci : Metode Diskusi dan Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 21 May 2018 09:52 | |||||||||
Last Modified: | 21 May 2018 09:52 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/595 |
Actions (login required)
View Item |