Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII Di SMPN 07 Tapung Kecamatan Tapung Kab. Kampar

Indriana, Agustin (2018) Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII Di SMPN 07 Tapung Kecamatan Tapung Kab. Kampar. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam secara umum dimaksudkan untuk meningkatkan potensi spiritual serta membentuk siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa serta berakhlak mulia. Sekolah merupakan lembaga yang dipercaya masyarakat sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Metode tanya jawab berpengaruh dengan minat belajar peserta didik ialah untuk mengembangkan kreatifitas berfikir peserta didik secara aktif dan sistematis serta mendapat respon, lisan dari peserta didik sehingga dapat menumbuhkan minat belajar dan pengetahuan baru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab ini akan menarik perhatian peserta didik dan suasana kelas menjadi aktif. Dalam studi pendahuluan yang penulis lakukan pada peserta didik kelas VII SMPN 07 Tapung guru telah menggunakan metode tanya jawab namun peserta didik kurang merespon pertanyaan guru. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode tanya jawab terhadap minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif, populasi dan sampel 52 orang, teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi, berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis lakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 07 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Hal ini dibuktikan dengan nilai lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000<0,05 maka tingkat pengaruh metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik sebesar 0,730. Menurut interpretasi koefisien korelasi nilai 0,730 terletak pada interval 0,60-0,799 dengan kriteria tingkat pengaruh kuat. Kata Kunci: Metode Tanya Jawab,Minat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorM .Ali, Noerperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorMiftah, Syarifperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 May 2018 09:35
Last Modified: 21 May 2018 09:35
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item