Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Melalui Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) di Kelas XMIA.3 SMAN 1 UKUI T.A 2017/2018

Novia, Yesyka Okta (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Melalui Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) di Kelas XMIA.3 SMAN 1 UKUI T.A 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari) Melalui Model Kooperatif Tipe STAD. Oleh karena itu permasalahan penelitian yaitu metode pembelajaran yang digunakan kurang efektif dan efesien, siswa terlihat kurang antusias terhadap pembelajaran seni budaya, kurang percaya diri untuk menyampaikan pendapat serta melakukan gerak, dan rendahnya hasil belajar siswa dengan rata-rata 50% dari KKM 75. Rumusan masalah penelitian bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya (Tari) melalui model pembelajaran kooperatif STAD(Student Team Achievement Division)di kelas X MIA.3 SMAN 1 UKUI T.A 2017/2018?. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar seni budaya (tari) melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD(Student Team Achievement Division)di kelas X MIA.3 SMAN 1 UKUI T.A 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, pelaksanaan atau tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Pembelajaran dilaksanakan dengan dua siklus, siklus pertama dilaksanakan 4 kali pertemuan dan siklus kedua dilakukan 3 kali pertemuan. Pengamatan dilakukan oleh guru seni budaya yang mengamati aktivitas siswa. Lembar pengamatan akan dianalisis dengan analisis ketercapaian KKM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang tuntas dalam penilaian kognitif tahap uji coba ketuntasan individu hanya 14 orang siswa, siklus I 23 orang siswa, siklus II 26 orang siswa. Sedangkan siswa yang tuntas pada kemampuan siswa pada aspek psikomotorik sebelum PTK ketuntasan individu 12 orang, siklus I 23 orang siswa, siklus II 26 orang siswa. Maka dengan demikian hipotesis diterima, hipotesis berbunyi jika model kooperatif tipe STAD diterapkan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas X MIA.3 SMAN 1 UKUI, dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya (Tari) di kelas tersebut diatas standar KKM yang telah ditetapkan yaitu 75.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Seni Budaya (Tari)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:47
Last Modified: 21 Dec 2021 07:47
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item