Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya (Tari Rentak Bulian) Melalui Strategi Learning Cycle di Kelas VII di SMPN 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017

Ardianis, Rastui (2018) Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya (Tari Rentak Bulian) Melalui Strategi Learning Cycle di Kelas VII di SMPN 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa kurang memiliki semangat dalam belajar seni tari hal ini dikarenakan siswa tidak memiliki kemampuan seni tari sehingga siswa malas kalau disuruh untuk menari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar seni budaya (tari rentak bulian) melalui strategi learning cycle di kelas VII di SMPN 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar seni budaya siswa (tari rentak bulian) melalui Strategi learning cycle di Kelas VII SMPN 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengamati proses belajar mengajar dikelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan praktek. Berdasarkan analisis dan interpretasi data yang dilakukan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksnakan pembelajaran dengan menggunakan strategi learning cycle. Sebagaiamana pemahaman siswa mengalami peningkatan dari sebelum dilaksanakan PTK yakni pada ketuntasan klasikal hanya mencapai pada ketuntasan klasikal 64.52 namun setelah dilaksanakan pada siklus I dengan menggunakan strategi learning cycle pertemuan 1 meningkat menjadi 70,97 kemudian ketuntasan kalsikal kembali meningkat pada pertemuan 3 siklus II yakni mencapai ketuntasan klasikal menjadi 100% atau dapat dikatakan pembelajaran tuntas dengan semua siswa mampu mencapai nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 78. Untuk hasil belajar afektif siswa pada siklus I mencapai rata-rata 74,7% dan meningkat pada siklus II mencapai 82,3%. Sedangkan hasil belajar psikomotorik siswa dilihat dari nilai pada praktek juga meningkat dari sebelum diadakannya PTK yakni mencapai ketuntasan klasikal praktek siswa 61,29 dan mengalami peningkatan setelah diadakan PTK dengan menggunbakan strategi learning cyclef pada siklus I meningkat nilai praktek siswa menjadi 77,42 dan kembali mengalami peningkatan pada siklus II dengan mencapai ketuntasan dalam praktek yakni 100% siswa secara keseluruhan mendapatkan nilai sesuai dengan KKM yakni 78 atau dikatkan tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Learning Cycle, Hasil Belajar, Tari Rentak Bulian
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 14 Dec 2021 08:11
Last Modified: 14 Dec 2021 08:11
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4980

Actions (login required)

View Item View Item