Amelia, Gusnita (2018) Kesalahan Berbahasa Pada Buku Panduan Akademik Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau Tahun 2016/2017. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (686kB) | Preview |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
||
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Buku panduan merupakan acuan dalam berbagai bidang ilmu yang berfungsi sebagai acuan dalam melakukan sesuatu, termasuk buku panduan akademik. Buku panduan akademik seharusnya tidak ada kesalahan karena buku panduan akademik ini bersifat kebahasaan. Namun, pada buku panduan akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau tahun 2016/2017 ini ada kesalahan dalam berbahasa yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, khususnya tataran fonologi dan morfologi. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kesalahan berbahasa tataran fonologi pada buku panduan akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau tahun 2016/2017? (2) bagaimana kesalahan berbahasa tataran morfologi pada buku panduan akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau tahun 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan kesalahan berbahasa tataran fonologi dan morfologi pada buku panduan akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau tahun 2016/2017. Teori yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh Roziah (2015), Setyawati (2010), Chaer (2012), dan Ramlan (2001). Sumber data yang digunakan adalah buku panduan akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau tahun 2016/2017 sedangkan datanya berupa kesalahan berbahasa tataran fonologi dan morfologi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Library Reasearch (penelitan perpustakaan). Hasil penelitian yaitu: (1) kesalahan berbahasa tataran fonologi berjumalah 245 kesalahan terdiri atas: (a) perubahan fonem berjumlah 134 kesalahan, (b) penghilangan fonem berjumlah 64 kesalahan, dan (c) penambahan fonem berjumlah 47 kesalahan dan (2) kesalahan berbahasa tataran morfologi yaitu terdapat pada kesalahan penggunaan afiks yang tidak tepat berjumlah 9 kesalahan. Jadi, kesalahan berbahasa yang paling banyak muncul pada buku panduan akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau tahun 2016/2017 adalah kesalahan perubahan fonem berjumlah 134 kesalahan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan berbahasa, fonologi dan morfologi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mia |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 02:16 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 02:16 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4955 |
Actions (login required)
View Item |