Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Tari Kelompok Kipas Melalui Metode Drill Dikelas Viii Di Smpn 3 Kerumutan Kab. Pelalawan T.A 2017/2018

Oklandari, Melinda Rahmi (2018) Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Tari Kelompok Kipas Melalui Metode Drill Dikelas Viii Di Smpn 3 Kerumutan Kab. Pelalawan T.A 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : peningkatan hasil belajar dengan penerapan metode Drill pada mata pelajaran seni budaya (Tari) Siswa kelas VIII SMPN 3 KerumutanKab. Pelalawan T.A 2017/2018.Permasalahan penelitian yaitu kurangnya keseriusan dan tanggung jawab siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru pembelajaran seni budaya (Tari). Guru masih Mengutamakan Metode Ceramah, Demonstrasi, Tanya Jawab Dan Diskusi Kelompok. Rumusan masalah penelitian yaitu: Bagaimanakah Penigkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya TariKelompokKipas Melalui Metode Drill Di Kelas VIII SMPN 3 KerumutanKab. Pelalawan T.A 2017/2018.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam empat langkah utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pembelajaran digunakan dengan dua siklus, siklus I (Pertama) empat kali pertemuan dan siklus II (kedua) dua kali pertemuan. Pengamatan dilakukan oleh guru seni budaya yang mengamati siswa. Lembar pengamatan akan dianalisis dengan statistik deskriptif sedangkan hasil belajar akan dianalisis dengan analisis ketercapaian KKM yaitu 80.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Metode Drill. Sebagaimana pengetahuan & pemahaman siswa mengalami peningkatan dari sebelum melaksanakan PTK yaitu mencapai ketuntasan klasikal 50.00% namun setelah dilaksanakan Siklus I dengan menggunakan Metode Drill ketuntasan menjadi meningkat 80.77%, kemudian ketuntasan menjadi meningkat pada Siklus II yaitu mencapai ketuntasan klasikal 88.46% atau dapat dikatakan pembelajaran tuntas dengan semua siswa mencapai nilai KKM yang telah dilakukan yaitu 80. Dengan, Metode Drill ini diterapkan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dikelas VIII SMPN 3 Kerumutan, dapat meningkat hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya (Tari KreasiKipas) Di Kelas VIII SMPN 3 Kerumutan Kab. PelalawanT.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Seni Tari, Metode Drill
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:30
Last Modified: 09 Dec 2021 03:30
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4914

Actions (login required)

View Item View Item