Yati, Lestari (2018) Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Persembahan Melayu Di Smps YPPI (Yayasan Pendidikan Persada Indah) Perawang Kabupaten Siak Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan ekstrakurikuler di SMPs YPPI (Yayasan Pendidikan Persada Indah) Perawang Kabupaten Siak Provinsi Riau. Rumusan masalah bagaimanakah pembinaan kegiatan ekstrakurikuler Tari Persembahan Melayu di SMPs YPPI Perawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskritif analisis dengan menggunakan data kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara pendekatan terhadap objek yang diteliti, subjek penelitian yaitu 7 orang siswa dan 1 orang Pembina. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Menurut Suwandono yang di maksud dengan pembinaan adalah usaha-usaha yang meliputi pemeliharaan, penyelamatan, pengolahan dimana termasuk juga sebagai usaha pemberian bimbingan, pengarahan, penelitian, penggalian, pencatatan dan peningkatan mutu. Suryosubroto, mengatakan ekstrakurikuler adalah program sekolah yang terencana dilakukan diluar jam pelajaran, Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan ekstrakurikuler seni tari di SMPs YPPI Perawang yang dilakukan oleh Anny berjalan dengan baik, pembinaan tersebut bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa agar lebih terarah dan tertata baik. Materi pokok pembinaan yaitu materi Persembahan Melayu. Dalam pembinaan ini metode yang digunakanmenggunakan metode ceramah dan demonstrasi, yaitu memberikan arahan mengenai tari Persembahan Melayu, lalu siswa yang sudah lebih dahulu tergabung di ekstrakurikuler tari mengajarkan kepada adik kelasnya dengan dibawah pengawasan Pembina. Sistem penilaian berdasarkan hasil pengamatan langsung oleh Pembina yang dinyatakan secara kualitatif dengan skor A,B,C,D, dan ratarata skor secara keseluruhannya ialah nilai B. Walaupun sarana dan prasarana kurang memadai hanya menggunakan musik dari speker, laptop, namun kegiatan ekstrakurikuler berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Ekstrakurikuler |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | > Pendidikan Sendratasik |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 03:29 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 03:29 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4904 |
Actions (login required)
View Item |