Wabika, Cici (2018) Peningkatan Kemampuan Memainkan Musik Pianika Melalui Metode Drill dikelas VII MTs Masmur Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya musik pada saat praktek langsung tentang permainan alat musik hasilnya belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 80, dari 28 siswa hanya 13 orang atau 46% yang tuntas dan selebihnya 15 orang atau 54% tidak mencapai KKM seni budaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kemampuan memainkan musik pianika melalui metode drill dikelas VII MTs Masmur Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan kemampuan memainkan musik pianika melalui metode drill dikelas VII MTs Masmur Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengamati proses belajar mengajar dikelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan praktek. Berdasarkan analisis dan interpretasi data yang dilakukan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode drill, dapat disimpulkan bahwa kemampuan memainkan music pianika siswa sebelum diadakan siklus mencapai mencapai ketuntasan 46,43% yang menunjukan belum tuntas, setelah diadakan siklus pertama dengan metode drill terlihat adanya peningkatan kemampuan siswa memainkan music pianika siswa yakni mencapai 75% dan ini juga belum dapat dikatakan tuntas namun sudah ada perbaikan atau peningkatan, setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus II meningkat kembali menjadi 92,8%, hal ini menunjukan pada siklus II kemampuan siswa secara rata-rata tuntas. Dengan hasil ini maka dapat dikatakan penerapan metode demontrasi meningkatkan kemampuan memainkan music pianika siswa kelas VII Mts Masmur Pekanbaru atau hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill, Kemampuan Memainkan Musik, Musik Pianika |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | > Pendidikan Sendratasik |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 08:08 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 08:08 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4839 |
Actions (login required)
View Item |