Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP An-Nur Pekanbaru

Risdawati, Usma (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP An-Nur Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMP An-Nur Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode CRH. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP An-Nur Pekanbaru yang berjumlah 12 orang siswa yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pengamatan dan lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik pengamatan dan teknik angket. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis data aktivitas guru dan siswa serta analisis data motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP An-Nur Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari persentase motivasi belajar matematika siswa sebelum tindakan, sesudah siklus I, dan sesudah siklus II. Sebelum tindakan, motivasi belajar matematika rata-rata siswa memperoleh persentase sebesar 66%. Setelah diberi tindakan meningkat menjadi 75% pada akhir siklus I dan pada skhir siklus II meningkat menjadi 81%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode CRH dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP An-Nur Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, Metode Course Review Horay (CRH), Motivasi Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:44
Last Modified: 06 Dec 2021 01:44
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4782

Actions (login required)

View Item View Item