Dasira, Tengku Sofia (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Budaya Melayu Riau di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (402kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Dengan mengaitkan budaya Melayu Riau berupa tenun dalam pembelajaran matematika sehingga bisa membuat peserta didik mengetahui budaya Melayu Riau (tenun) dan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan Pedekatan Matematika Realistik (PMR) berbasis budaya Melayu Riau yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan modifikasi dari Sugiyono yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validitas desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LAS, angket respon guru, angket respon siswa, dan angket keterlaksanaan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data validasi dari ahli dan data angket respon guru, angket respon siswa, dan lembar keterlaksanaan proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD N 15 Bukit Batu dengan jumlah siswa 17 orang. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan RPP sebesar 79,76% dengan kriteria kevalidan cukup valid dan nilai kevalidan LAS sebesar 76,13% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Hasil kepraktisan RPP sebesar 87,5% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon guru, sedangkan hasil kepraktisan LAS sebesar 87,61 dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbasis budaya Melayu Riau di Sekolah Dasar teruji kevalidan dan kepraktisannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan matematika realistik (PMR), budaya Melayu Riau |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 01:43 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 01:43 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4777 |
Actions (login required)
View Item |