Saputra, Syarif Adi (2018) Pengembangan Lembar Aktiivitas Siswa (LAS) Berbasis Penemuan Terbimbing di kelas VII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (510kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LAS yang merupakan upaya untuk menarik minat siswa dalam belajar dan mudah dalam memahami konsep pembelajaran matematika dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang teruji kelayakannya (valid dan praktis). Penelitian ini dilaksanakan pada Tanggal 12 Mei hingga Tanggal 19 Mei 2017 subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 MTs Muhammmadiayh 02 pekanbaru tahun ajaran 2016/2017, yang berjumlah 31 orang siswa dengan kemampuan heterogen. LAS dirancang terdiri dari 4 pertemuan pada materi jajar genjang dan belah ketupat. Pada penelitian ini mengikuti langkah penelitian pengembangan R&D, yaitu potensi dan masalah; pengumpulan data; desain produk; validitas desain; revisi desain; uji coba produk; revisi produk; dan produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kevalidan LAS sebesar 79,49 % dengan kriteria cukup valid. hasil kepraktisan LAS sebesar 90,54 % dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon siswa. Sedangkan hasil respon guru terhadap penggunaan LAS memperoleh nilai 91,66% dengan kriteria sangat praktis Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada materi jajar genjang dan belah ketupat di kelas VII MTs yang teruji kelayakannya (valid dan praktis).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian pengembangan, perangkat pembelajaran, penemuan terbimbing, LAS. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 01:43 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 01:43 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4773 |
Actions (login required)
View Item |