Putri, Sri Puja Yulita (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Permainan Tradisional Melayu Riau Di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (325kB) | Preview |
Abstract
Permainan tradisional merupakan hasil budaya yang besar nilainya bagi anak. Dengan mengaitkan permainan dalam pembelajaran matematika membuat peserta didik belajar lebih nyata sehingga mencapai tujuan kurikulum 2013 dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika Realistik(PMR) berbasisi Permainan Tradisional melayu Riau yang valid dan praktis. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan modifikasi R&D sehingga menjadi beberapa tahap yaitu: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain Produk; (4) Validitas Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Produk; (7) Revisi Produk; dan (8) Produk Akhir. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas III dengan jumlah siswa 13 orang dan kelas IV dengan jumlah siswa 12 orang SDN 002 Kinali dengan. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, Lembar validasi LKPD, angket respon peserta didik, dan angket keterlaksanaan pembelajaran.. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP sebesar 84,82% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Sedangkan hasil kepraktisan LKPD 82,69% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Sedangkan hasil kepraktisan LKPD sebesar 87,36% diperoleh dari angket respon siswa dengan kriteria sangat praktis, serta rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 87,5% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini mengahasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi sudut dan segi banyak di kelas III dan kelas IV di SDN 002 Kinali teruji kevalidan dan kepraktisannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik (RME), Permainan Tradisional Melayu Riau |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 02:51 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 02:51 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4767 |
Actions (login required)
View Item |