Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajarkan Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran The Power Of two dan Model Pembelajaran Langsung Dikelas VIII SMPN 22 Pekanbaru

Putri, Shinta Nikita (2018) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajarkan Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran The Power Of two dan Model Pembelajaran Langsung Dikelas VIII SMPN 22 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran The Power Of Two dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Desain yang digunakan adalah penelitian Kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 22 Pekanbaru yang berjumlah 220 siswa. Penentuan sampel dilaksanakan berdasarkan sampling purposive atau yang lebih dikenal dengan sampel pertimbangan. Penelitian dilakukan dengan memberikan dua perlakukan berbeda terhadap dua kelompok siswa. Pertama kelas VIII1 berjumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen 1 mendapatkan pengajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran The power Of Two. Kedua, kelas VIII2 berjumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis yang diberikan kepada siswa diawal dan diakhir penelitian, Teknik analisis data inferensial terdiri dari uji homogenitas dan uji dua rata-rata hasil belajar (uji t). Dengan demikian akan terlihat bagaimana hasil perbandingan kenaikan dengan strategi pembelajaran The Power Of Two dan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata yang menggunakan strategi The Power of Two yaitu 67,94 dan model pembelajaran langsung yaitu 58,28 dengan thitung = 2,42 sedangkan ttabel = 1,67, maka nilai thitung > ttabel, Sesuai dengan kriteria maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan strategi pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di bandingkan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 22 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran The Power Of Two, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:46
Last Modified: 03 Dec 2021 02:46
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4762

Actions (login required)

View Item View Item