Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika pada Ujian Akhir Semester Ganjil Kelas VIII SMPN 4 Pekanbaru Berdasarkan Kurikulum 2013

Apriliani, Sartika (2018) Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika pada Ujian Akhir Semester Ganjil Kelas VIII SMPN 4 Pekanbaru Berdasarkan Kurikulum 2013. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan instrumen tes hasil belajar matematika yang diketahui tingkat validitas dan reliabilitasnya, (2) melakukan analisis butir soal pada instrumen tes hasil belajar matematika. Pengembangan instrumen tes ini menggunakan metode pengembangan R&D dengan model pengembangan modifikasi Sugiyono, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, dan (8) produk akhir.. Produk penelitian ini adalah instrumen tes berbentuk tes objektif pilihan ganda dengan 40 butir soal dan terdiri atas 4 option. Produk divalidasi oleh 2 Dosen Pendidikan Matematika UIR dan 1 Guru Matematika SMPN 4 Pekanbaru, serta diuji cobakan pada kelas uji coba yaitu kelas VIII.1 dan VIII.2 yang berjumlah 65 orang siswa. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan (1) tingkat kevalidan “cukup valid” yaitu 82,25% dan tingkat reliabilitas yang “tinggi” yaitu 0,78; (2) hasil analisis butir soal dari 40 butir soal yang diperoleh (a) tingkat kesukaran dengan kategori “mudah” 29 soal (72,5%), kategori “sedang” 10 soal (25%), kategori “sukar” 1 soal (2,5%), (b) daya pembeda dengan kategori “jelek” 25 soal (62,5%), kategori “cukup” 9 soal (22,5%), kategori “baik” 6 soal (15%), (c) analisis fungsi pengecoh terdapat 12 option (10%) yang tidak berfungsi dari 120 pengecoh (d) validitas butir soal dengan kategori “kuat” 9 soal (22,5%), kategori “cukup” 24 soal (60%), kategori “rendah” 6 soal (15%), tidak valid 1 soal (2,5%).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Instrumen Tes, Pilihan Ganda.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:47
Last Modified: 03 Dec 2021 02:47
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4761

Actions (login required)

View Item View Item