Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP

Nurhayati, Nurhayati (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yakni berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang teruji kevalidan dan kepraktisannya sehingga dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajran ini dirancang dengan menggunakan model pengembangan yang digunakan berupa model 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu: (1) Tahap pendefinisian (Define), (2) Tahap Perencanaan (design), (3) Tahap Pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (disseminate). Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Uji coba produk ini dilaksanakan mulai tanggal 04 April hingga 09 April 2018, terhadap siswa kelas VII SMPN 3 Kempas dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, dengan menggunakan perangakat pembelajaran matematika berupa RPP dan LAS dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LAS, angket respon guru, angket respon siswa, dan lembar keterlaksanaan. Dari hasil penelitian diperoleh tinjauan kevalidan RPP sebesar 88,88% dengan kriteria sangat valid dan nilai kevalidan LAS sebesar 83,03% dengan kriteria cukup valid. Tinjauan kepraktisan RPP sebesar 89,28% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon guru. Sedangkan tinjauan kepraktisan LAS sebesar 88,83% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII SMP yang teruji kelayakannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran, Realistic Mathematic Education (RME), RPP, dan LAS.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:19
Last Modified: 03 Dec 2021 02:19
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4743

Actions (login required)

View Item View Item