Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Tarian Melayu Riau Di Sekolah Dasar

Berlin, Mega (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Tarian Melayu Riau Di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Dengan mengaitkan budaya melayu Riau dalam pembelajaran matematika yang dapat membuat peserta didik mengetahui budaya melayu sehingga terwujudlah visi misi Riau serta mencapai tujuan pembelajaran pada Kurikulum 2013 dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik (PMR) berbasi tarian melayu Riau yang valid dan praktis. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan dengan menggunakan metode R&D yang telah di modifikasi oleh peneliti yang terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas desain, revisi desain, uji coba pemakaian, revisi produk dan produk akhir. uji coba pemakaian ini dilaksanakan mulai tanggal 24 Mei 2018 hingga 30 Mei 2018 terhadap siswa kelas II SD Negri 24 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 19 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi yang diisi oleh validator untuk melihat kevalidan perangkat pembelajaran, lembar respon guru, lembar respon siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran untuk melihat kepraktisan perangkat pembelajaran. Dari hasil validasi oleh validator perangkat pembelajaran yang berupa RPP sangat valid dan LKPD cukup valid, dengan kriteria RPP 85,37 dan LKPD 80,56. Hasil uji coba ini juga sangat praktis dengan kriteria lembar respon guru 96,88, respon siswa 93,75 dan lembar keterlaksanaan 95,95. Jadi perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik (PMR) berbasis tarian melayu riau menghasilkan perangkat cukup valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Tarian Melayu Riau.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 02 Dec 2021 08:01
Last Modified: 02 Dec 2021 08:01
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4730

Actions (login required)

View Item View Item