Berlin, Mega (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Tarian Melayu Riau Di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (313kB) | Preview |
Abstract
Dengan mengaitkan budaya melayu Riau dalam pembelajaran matematika yang dapat membuat peserta didik mengetahui budaya melayu sehingga terwujudlah visi misi Riau serta mencapai tujuan pembelajaran pada Kurikulum 2013 dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik (PMR) berbasi tarian melayu Riau yang valid dan praktis. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan dengan menggunakan metode R&D yang telah di modifikasi oleh peneliti yang terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas desain, revisi desain, uji coba pemakaian, revisi produk dan produk akhir. uji coba pemakaian ini dilaksanakan mulai tanggal 24 Mei 2018 hingga 30 Mei 2018 terhadap siswa kelas II SD Negri 24 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 19 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi yang diisi oleh validator untuk melihat kevalidan perangkat pembelajaran, lembar respon guru, lembar respon siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran untuk melihat kepraktisan perangkat pembelajaran. Dari hasil validasi oleh validator perangkat pembelajaran yang berupa RPP sangat valid dan LKPD cukup valid, dengan kriteria RPP 85,37 dan LKPD 80,56. Hasil uji coba ini juga sangat praktis dengan kriteria lembar respon guru 96,88, respon siswa 93,75 dan lembar keterlaksanaan 95,95. Jadi perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik (PMR) berbasis tarian melayu riau menghasilkan perangkat cukup valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Tarian Melayu Riau. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 08:01 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 08:01 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4730 |
Actions (login required)
View Item |