Nisa', Khairun (2018) Penerapan Teknik Icebreaker dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD An-Namiroh Pusat Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (553kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran serta meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD AnNamiroh Pusat Pekanbaru dengan menerapkan teknik icebreaker dalam model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi pokok pecahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD An-Namiroh Pusat Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 14 orang siswa perempuan dan 19 orang siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan ulangan harian. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dan lembar angket motivasi belajar matematika siswa. Tindakan pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan angket motivasi belajar disebar sebanyak tiga kali yakni sebelum tindakan, setelah siklus I, dan setelah siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket motivasi secara keseluruhan didapat motivasi siswa sebelum tindakan adalah 51,09% sedangkan setelah motivasi setelah siklus I adalah 71,81% dan setelah siklus II adalah 81,26%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik icebreaker dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat memperbaiki proses dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VC SD An-Namiroh Pusat Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Icebreaker, Teams Games Tournament, Motivasi Belajar Matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:58 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:58 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4725 |
Actions (login required)
View Item |