Penerapan Teknik Icebreaker dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD An-Namiroh Pusat Pekanbaru

Nisa', Khairun (2018) Penerapan Teknik Icebreaker dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD An-Namiroh Pusat Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran serta meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD AnNamiroh Pusat Pekanbaru dengan menerapkan teknik icebreaker dalam model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi pokok pecahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD An-Namiroh Pusat Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 14 orang siswa perempuan dan 19 orang siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan ulangan harian. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dan lembar angket motivasi belajar matematika siswa. Tindakan pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan angket motivasi belajar disebar sebanyak tiga kali yakni sebelum tindakan, setelah siklus I, dan setelah siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket motivasi secara keseluruhan didapat motivasi siswa sebelum tindakan adalah 51,09% sedangkan setelah motivasi setelah siklus I adalah 71,81% dan setelah siklus II adalah 81,26%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik icebreaker dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat memperbaiki proses dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VC SD An-Namiroh Pusat Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Icebreaker, Teams Games Tournament, Motivasi Belajar Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:58
Last Modified: 02 Dec 2021 07:58
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4725

Actions (login required)

View Item View Item