Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Aritmatika Sosial di kelas VII SMP

Wahyuni, Julia Sri (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Aritmatika Sosial di kelas VII SMP. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LAS dengan model pembelajaran Inkuiri yang valid dan praktis pada materi Aritmatika Sosial. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 Februari hingga 22 Februari 2018. Penelitian ini mengacu pada pengembangan instruksional Plomp terdiri atas lima tahap (fase), yaitu : (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi dan revisi, (5) fase implementasi. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi, lembar respon guru, lembar respon siswa dan lembar keterlaksanaan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri pada materi aritmatika sosial dengan hasil validasi sebesar 85,3% dan LAS sebesar 83,9% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan RPP sebesar 92,85% dengan kategori sangat praktis yang diperoleh dari angket respon guru. Sedangkan hasil kepraktisan LAS sebesar 91,85% dengan kategori sangat praktis yang diperoleh dari angket respon siswa. Dan juga hasil dari lembar keterlaksanaan pembelajaran untuk setiap pertemuan sudah terlaksana dengan baik karena pada lembar keterlaksanaan pengamat mengisi “Ya” sehingga pembelajaran berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran inkuiri pada materi aritmatika social di kelas VII SMP Yabri Terpadu Pekanbaru yang teruji kevalidan dan kepraktisan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Inkuiri, Aritmatika Sosial, Plomp
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:57
Last Modified: 02 Dec 2021 07:57
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4718

Actions (login required)

View Item View Item