Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X ATP 2 Di SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau

Lukman, Istiqomah (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X ATP 2 Di SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran serta meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa kelas X ATP 2 SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi pokok trigonometri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X ATP 2 SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau tahun ajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 5 orang siswa perempuan dan 28 orang siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan ulangan harian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan teknik tes. Lembar pengamatan dianalisis secara kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dengan analisis ketercapaian Ketuntasan Kriteria Minimum (KKM), analisis rata-rata hasil belajar matematika siswa dan kualifikasi tingkat kemandirian belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X ATP 2 SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas pada skor dasar yakni 8 orang atau 24,24% meningkat pada ulangan harian I menjadi 11 orang atau 33,33% kemudian meningkat pada ulangan harian II menjadi 29 orang atau 87,87%. Peningkatan hasil belajar siswa juga ditunjukkan dari rata-rata hasil belajar matematika siswa pada skor dasar 57,28 meningkatkan pada ulangan harian I menjadi 63,82 dan meningkatkan pada ulangan harian II menjadi 83,21. Selanjutnya, untuk kemandirian belajar mengalami peningkatan dari Siklus I yaitu 77,19% ke Siklus II yaitu 80,25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat memperbaiki proses, meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar matematika siswa kelas X ATP 2 SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau pada materi pokok Trigonometri tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Hasil Belajar Matematika, Kemandirian Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:57
Last Modified: 02 Dec 2021 07:57
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4717

Actions (login required)

View Item View Item