Pengembangan Soal Matematika Berbasis Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) Untuk Mendukung Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP

Pernada, Annisa (2018) Pengembangan Soal Matematika Berbasis Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) Untuk Mendukung Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Hasil Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) pada tahun 2015 Indonesia mendapat pringkat 45 dari 50 negara dengan poin 397. Salah satu faktornya siswa masih belum terbiasa dalam mengerjakan soal-soal serupa TIMSS. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika di SMP N 4 Pekanbaru masalah yang dihadapi oleh guru adalah kurang tersedianya soal-soal yang didesain khusus untuk menuntut siswa mengembangkan potensi matematis siswa serupa soal-soal TIMSS. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan soal matematika berbasis Trends In International Mathematics And Science Study (TIMSS) matematika siswa kelas VIII SMP. Pengembangan soal matematika berbasis TIMSS ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan modifikasi Sugiyono, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji produk terbatas, (7) revisi produk, (8) produk akhir. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan instrumen tes. Produk penelitian ini adalah seprangkat soal matematika berbasis TIMSS yang berbentuk tes uraian dengan 8 butir soal. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan hasil pengembangan soal matematika berbasis TIMSS 3 soal (37,5%) memiliki kevalidan “tinggi”, 3 soal (37,5%) kategori “cukup”, 2 soal (25%) kategori “rendah”. Untuk reliabilitas “sedang” sebesar 0,62 dan praktikalitas “sangat praktis” sebesar 0,92.. Hasil analisis butir soal (a) tingkat kesukaran 3 soal (37,5%) kategori “mudah”, 2 soal (25%) kategori “sedang” dan 3 soal (37,5%) kategori “sukar”, (b) daya pembeda 1 soal (12,5%) kategori daya pembeda “baik”, 3 soal (37,5%) daya pembeda “cukup” dan 4 soal (50%) daya pembeda “jelek”. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa produk ini dapat digunakan sebagai bank soal latihan guru pada pembelajaran matematika materi aljabar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, TIMSS, Validasi, Reliabilitas, Praktikalitas, Tingkat Kesukaran,Daya Pembeda.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 30 Nov 2021 02:01
Last Modified: 30 Nov 2021 02:01
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4693

Actions (login required)

View Item View Item