Angraini, Wiwie (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 14 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (324kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 14 Pekanbaru. Guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan monoton sehingga membuat siswa merasa bosan dan sulit untuk menerima pelajaran. Oleh karena itu guru berupaya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk membuat siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 14 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Dilaksanakan pada tanggal 16 April sampai 8 Mei 2018. Teknik pengumpulan data antara lain teknik tes hasil, teknik pengamatan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui model pembelajaran kooperatif dengan Strategi Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi. Hal ini didasarkan pada tes hasil belajar dan pengamatan. Persentase rata-rata ulangan harian sebelum dilakukan tindakan sebesar 51,61% setelah dilakukan tindakan mengalami peningkatan rata-rata ulamgan harian I sebesar 83,87% dan pada ulangan siklus II meningkat menjadi 93,54%. Dari analisis hasil belajar siswa yang terus meningkat dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) daapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 14 Pekanbaru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Strategi TTW, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 02:00 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 02:00 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4672 |
Actions (login required)
View Item |