Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question untuk meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X1 Di SMA Negeri 14 Pekanbaru

Saputra, Tomi (2018) Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question untuk meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X1 Di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran Ekonomi mengenai hasil belajar siswa kelas X Ips 1 pada mata pelajaran Ekonomi di SMA 14 Pekanbaru diperoleh informasi bahwa hasil belajar Ekonomi di sekolah tersebut masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes hasil belajar yang telah dilakukan terhadap siswa kelas X Ips 1 yang berjumlah 33 Orang siswa, hanya 15 orang siswa atau 45,45% yang mencapai ketuntasan. Dan yang belum mencapai ketuntasan berjumlah 18 orang siswa atau 54,54%. Maka, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar siswa kelas X Ips 1 di SMA 14 Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran Learning Starts With A Question. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April - Mei, subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X Ips 1 di SMA 14 Pekanbaru yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 24 orang siswa perempuan. Pengumpulan data yang diambil terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Siklus I terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, sedangkan siklus II terdiri dari perencanaan ulang, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data ini diambil dari nilai ulangan siswa untuk melihat peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar siswa, jumlah siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan pada ulangan harian I dan ulangan harian II dari skor dasar. Dari hasil rata-rata pada ulangan harian I adalah 66,96%, Keaktifan sebesar 57,19%, dan ulangan harian II menjadi 79,69%, Keaktifan sebesar 71,96%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA 14 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Learning Starts With A Question, Keaktifan dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 30 Nov 2021 01:59
Last Modified: 30 Nov 2021 01:59
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4659

Actions (login required)

View Item View Item