Sholihat, Ratu Akhlika (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X1 SMA Negeri 8 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen pretest -post test kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan jumlah sampel 60 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang terdiri atas 20 soal objektif. Selanjutnya, teknik analisis data yang dilakukan, yaitu (1) uji normalitas dengan menggunakan rumus Lilliefors dan (2) uji homogenitas dengan menggunakan uji F. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI MIPA Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Pada materi pokok perdagangan internasional. Pengaruh hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata kelas eksperimen XI MIPA 1 dengan model pembelajaran berbasis proyek didapat dari hasil kemampuan akhir (post-test) nilai rata-ratanya yaitu 78,50, pada kelas kontrol XI MIPA 2 dengan model pembelajaran konvensional nilai rataratanya adalah 76,50. Selanjutnya, hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,05 pada taraf α =0,05 diperoleh ttabel = 1,67 karena thitung> ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti rata-rata nilai hasil post-test siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dari pada rata-rata nilai hasil post-test siswa kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional tetapi tidak berbeda secara signifikan pada mata pelajaran Ekonomi materi pokok perdagangan internasional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran berbasis proyek; pelajaran ekonomi materi pokok perdagangan internasional, dan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Pekanbaru. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 01:21 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 01:21 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4635 |
Actions (login required)
View Item |