Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment (MOODLE) dengan Menggunakan Model Drills pada Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI SMA Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Aini, Husnel (2018) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment (MOODLE) dengan Menggunakan Model Drills pada Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI SMA Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Learning berbasis MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) pada materi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan model Drills yang merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Development (Pengembangan). Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel 10 orang peserta didik dari SMAN 14 Pekanbaru. Data yang diperoleh dalam pengembangan media pembelajaran E-Learning MOODLE ini dengan melakukan validasi materi kepada ahli materi, melakukan validasi media kepada ahli media serta melihat respon peserta didik terhadap media pembelajaran E-Learning MOODLE yang dikembangkan dengan melakukan uji coba kelayakan terbatas dengan menggunakan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan metode skala dengan modifikasi likert. Hasil penelitian ini adalah berupa produk media pembelajaran E-Learning MOODLE. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Learning MOODLE dinyatakan sangat layak memperoleh skor rata-rata 3,66. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Learning MOODLE dinyatakan sangat layak memperoleh skor rata-rata 3,66. Media pembelajaran E-Learning berbasis MOODLE ini mendapat tanggapan sangat layak dari peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon peserta didik dari sekolah dengan rata-rata 3,50. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli diperoleh produk media pembelajaran E-Learning berbasis MOODLE sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Learning MOODLE, Model Drills, Ekonomi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 29 Nov 2021 01:20
Last Modified: 29 Nov 2021 01:20
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4623

Actions (login required)

View Item View Item