Tarigan, Annisa BR (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatiftipe STAD ( Student Teams Achievement Division ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tapung Hulu. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS1 SMAN 1 Tapung Hulu. Guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga membuat siswa merasa bosan dan sulit untuk menerima pelajaran. Oleh karena itu guru berupaya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk membut siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaraan kooperatif dengan tipe student team achievements divisions (STAD). Dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS1 SMAN 1 Tapung Hulu tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 13 siswa lakilaki dan 27 siswa perempuan. Dilaksanakan pada tanggal 06 April sampai 05 Mei. Teknik pengumpulan data antara lain teknik tes hasil belajar, dan teknik pengamatan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui model pembelajaran kooperatif dengan tipe student team achievements divisions (STAD) dengan meningkatkan hasil belajar dan pengamatan. Persentase rata-rata ulangan harian sebelum tindakan sebesar 37,50% setelah dilakukan tindakan mengalami peningkatan rata-rata ulangan harian I sebesar 72,50% dan pada ulangan disiklus II meningkat menjadi 92,50%. Dari analisis hasil belajar siswa yang terus meningkat dapat ditarik kesimpilan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan tipe student team achievements divisions (STAD) dapat meningkatkan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IIS1 SMAN 1 Tapung Hulu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 09:03 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 09:03 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4599 |
Actions (login required)
View Item |