Kumala, Anggilia Intan (2018) Profil Pelaksanaan Praktikum dan Analisis Kesesuaian antara Tuntuan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Dengan Kondisi Faktual Laboratorium IPA di SMP Negeri Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (502kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
Ciri dari pembelajaran IPA adalah adanya kegiatan praktikum baik di laboratorium maupun di lapangan. Pelaksanaan praktikum harus ditunjang dengan sarana dan prasarana laboratorium IPA yang harus sesuai dengan standar minimal laboratorium dalam Permendiknas No. 24 Tahun 2007. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan praktikum pelajaran IPA dan untuk mengetahui kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium IPA di 3 SMPN Pekanbaru dengan ketetapan standar laboratorium IPA oleh Permendiknas No. 24 Tahun 2007. Teknik pengambilan data pada penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah survei. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2018 di 3 SMPN Pekanbaru. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan praktikum pada pembelajaran IPA di 3 SMPN Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 dilihat dari empat indikator memperoleh persentase masing-masing yaitu keadaan laboratorium 92,49% (sangat baik), waktu pelaksanaan praktikum 82,24% (baik), minat siswa terhadap praktikum 83,45% (baik), persiapan dan pelaksanaan praktikum 82,15% (baik). Untuk kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium IPA berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 dilihat dari lima indikator memperoleh persentase masing-masing yaitu prasarana 66,67% (baik), perabot 55,6% (cukup), peralatan pendidikan 62,06% (baik), media pendidikan 100% (sangat baik), perlengkapan lain 37,78% (kurang). Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan praktikum di laboratorium IPA di 3 SMPN Pekanbaru tergolong baik dengan persentase rata-rata sebesar 85,55% dan sarana dan prasarana laboratorium IPA di 3 SMPN Pekanbaru berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 dengan persentase rata-rata 64,41% (baik) tergolong belum memenuhi standar minimal 100% yang tercantum dalam Permendiknas No. 24 Tahun 2007.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Praktikum IPA, Laboratorium IPA, Sarana Prasarana Laboratorium. |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 07:39 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 07:39 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4429 |
Actions (login required)
View Item |