Zaki, Ahmad (2018) Penerapan Dua Bahasa (Arab Dan Inggris) Dalam Komunikasi Antar Santri Di Pondok Pesantren Al-Kautsar Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Text
abstrak.pdf Download (241kB) |
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (305kB) |
|
Text
daftar_isi.pdf Download (259kB) |
|
Text
bab1.pdf Download (324kB) |
|
Text
bab2.pdf Download (449kB) |
|
Text
bab3.pdf Download (261kB) |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) | Request a copy |
|
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (324kB) |
Abstract
Bahasa merupakan komponen terpenting dalam kelanjutan hidup manusia. Manusia tidak akan melanjutkan hidup ini dengan baik dan teratur tanpa ada bahasa. Bisa dikatakan bahwa bahasa sebagai bagian dari kebutuhan primer, sebagai pengatur, bahkan bahasa sebagai senjata yang paling ampuh untuk membentengi diri dari sesuatu. Begitu dekatnya kita kepada bahasa, sehingga perlu untuk mendalami dan mempelajari bahasa secara lebih jauh, termasuk bahasa internasional. Khususnya bahasa arab dan inggris, dua bahasa tersebutlah yang diterapkan kepada santri-santri pondok pesantren al-kautsar ekanbaru sebagai alat berkomunikasi.Penelitian ini membahas tentang Bagaimana penerapan dua bahasa (Arab dan Inggris) dalam komunikasi antar santri di pondok pesantren Al-kautsar serta Apa factor penghambat dan pendukung dalam penerapan dua bahasa (Arab dan Inggris) dalam komunikasi antar santri di pondok pesantren Al-kautsar.Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pembimbing Bahasa atau LAC (language advisory council), 2 orang Pengurus bahasa atau CLI (central language improvement) serta beberapa santri yang ada di Pondok pesantren Al-Kautsar. Dalam penerapan dua bahasa dipondok pesantren alkautsar ada beberapa faktor pendukung dan penghambat, salah satu faktor pendukung yaitu santri dibekali buku kecil yang berisi kosa kata bahasa arab dan inggris yang harus dipegang dan sementara salah satu faktor penghambatnya yaitu berupa pemberian sanksi yang tidak optimal bagi pelanggar bahasa.Metode digunakan dalam menganalisis penyusunan tugas akhir ini adalah bersifat deskriftif kualitatif yaitu analisis yang berwujud keterangan dan uraian yang menggambarkan objek penelitian disertai kalimat dengan memperoleh kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan Dua Bahasa (Arab dan Inggris) dalam Komunikasi Antar Santri di Pondok Pesantren Al-Kautsar Pekanbaru sudah cukup signifikan dengan upaya yang diterapkan oleh pondok pesantren,namun strategi yang diterapkan masih menemukan kendaladari internal pesantren terutama santri atau murid didik yang menerima pemebelajaran bahasa arab dan inggris di Pondok Pesantren Al-Kautsar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa, Komunikasi, Pondok Pesantren |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 07:34 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:34 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3478 |
Actions (login required)
View Item |