Nurpita, Satria (2018) Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Akhlak Peserta Didik Di SMK PGRI Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Text
abstrak.pdf Download (309kB) |
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (318kB) |
|
Text
daftar_isi.pdf Download (242kB) |
|
Text
bab1.pdf Download (310kB) |
|
Text
bab2.pdf Download (485kB) |
|
Text
bab3.pdf Download (454kB) |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) | Request a copy |
|
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (281kB) |
Abstract
Disiplin adalah patuh dan tunduk terhadap semua tata tertib yang berlaku di sekolah, baik dari segi pemanfaatan waktu, bersikap, dan beribadah. Dan Akhlak merupakan sikap yang sudah tertanam dalam jiwa yang mendorong perilaku seseorang dengan mudah sehingga menjadi perilaku kebiasaan. Berdasarkan survey yang peneliti lakukan di SMK PGRI Pekanbaru terdapat beberapa peserta didik yang akhlaknya kurang baik. Karena masih ada peserta didik yang kurang jujur, ribut ketika guru sedang menjelaskan dan keluar masuk kelas disaat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap Akhlak peserta didik di SMK PGRI Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah korelasi, yakni mencari informasi menurut data yang diperoleh dari teori yang berkaitan dengan teori disiplin dan teori akhlak peserta didik serta data yang diperoleh dari TU SMK PGRI Pekanbaru. Adapun tekhnik pengumpulan data, peneliti menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk memperoleh data dari penelitian ini digunakan metode pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada 105 responden. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan program SPSS V22. Maka diperoleh nilai probabilitas Sig sebesar 0,000. Karena nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara kedisiplinan terhadap akhlak peserta didik di SMK PGRI Pekanbaru. Pernyataan ini dibuktikan dari nilai koefisien determinasi (R Square) 0,351 atau 35,1%. Hal ini menunjukkan bahwa akhlak peserta didik dipengaruhi sebesar 35,1% oleh kedisiplinan, sedangkan sisanya 64,9% dipengaruhi oleh hal-hal lain. Dari data di atas interpretasi koefisien korelatif angka 0,351 berada pada rentang 0,200,399 dengan kategori rendah. Maka dapat disebutkan bahwa ada pengaruh kedisiplinan terhadap akhlak peserta didik di SMK PGRI Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan dan Akhlak Peserta Didik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 02:17 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:17 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3452 |
Actions (login required)
View Item |