Penerapan Metode Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ikhlas Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar

Afri, Pauzi (2018) Penerapan Metode Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ikhlas Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (155kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (247kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (302kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (262kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (395kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (157kB)

Abstract

Gejalanya banyaknya siswa yang tidak termotivasi untuk belajar aqidah ahklak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTs Nurul Ikhlas Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Value Clarification Technique (VCT). Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas dengan tujuan meningkatkan kekurangan yang terdapat di dalam proses pembelajaran di kelas, salah satunya adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini dilakukan karena 1. Masih ada siswa yang ribut dan bermain serta asik sendiri ketika guru menerangkan pelajaran, 2. Hanya sebagian kecil siswa yang memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru, 3. Sebagian besar siswa kurang memperhatikan keterangan guru, 4. Hanya sebagian kecil siswa yang memberikan pertanyaan disaat peroses belajar mengajar, 5. Sebagian besar siswa tidak mau menanggapi tugas-tugas yang diberikan guru, 6. Masih banyaknya siswa yang tidak mengerjakan Pekerjaan Rumah dengan berbagai alasan, 7. Masih ada siswa yang asal-asalan dalam mengerjakan latihan, 8. Adanya siswa yang keluar-masuk ruangan disaat guru menjelaskan pelajaranPenelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Nurul Ikhlas Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar, karena penulis melihat motivasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak tergolong rendah yaitu 56,68 %, ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan pada tangal 19 Februari 2018.Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan yakni dengan menerapakan metode Value Clarification Technique (VCT), Motivasi belajar siswa terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil observasi siklus pertama pada tanggal 12 dan 19 Maret 2018 dengan rata-rata 65,44% dikategorikan baik, sedangkan hasil observasi pada siklus kedua pada tanggal 26 maret dan 02 April 2018 dengan rata-rata 87,56% dikategorikan sangat baik.dasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan Motivasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Nurul Ikhlas Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:28
Last Modified: 19 Oct 2021 02:28
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3440

Actions (login required)

View Item View Item