Pratama, Andre Agustina (2018) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Dasar Negeri 006 Tebing Karimun Kepulauan Riau. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Text
abstrak.pdf Download (232kB) |
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (311kB) |
|
Text
daftar_isi.pdf Download (242kB) |
|
Text
bab1.pdf Download (381kB) |
|
Text
bab2.pdf Download (352kB) |
|
Text
bab3.pdf Download (262kB) |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (234kB) |
Abstract
Pendidikan karakter di Sekolah Dasar merupakan pondasi awal bagi pembentukan karakter suatu bangsa. Gerakan pendidikan karakter yang marak sekarang ini tidak lepas dari keperihatinan semua komponen bangsa yang menilai bahwa karakter bangsa ini semakin memudar. Sekolah Dasar Negeri 006 Tebing Karimun telah menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter pada kegiatan keagamaan yang diadakan di sekolah. Adapun yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada kegiatan keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada kegiatan keagamaan. Berdasarkan Undang-Undang No 20 tahun 2003 tujuan pendidikan yang utama adalah untuk menjadikan siswa berpribadi takwa kepada tuhan yang maha esa, sesuai dengan ajaran Undang-Undang tersebut menjadi tujuan utama pendidikan di Indonesia. Dengan demikian sikap Religiuslah yang menjadi komponen utama pembentukan karakter karena pada dasarnya Indonesia adalah negara yang beragama. Jenis penelitian pada penulisan ini adalah deksrptif studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan cara penyederhanaan data, menyalin data, mengkodekan data, mengkategorikan data, dan menafsirkan. Analisis ini dilakukan pada seluruh data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, proses pelaksanaan kegiatan keagamaan di sekolah dilaksanakan dengan menggunakan metode pembiasaan dan teladan yang dilaksanakan secara terus menerus dan terstruktur. Nilai karakter yang ditanamkan disekolah meliputi nilai disiplin,jujur,toleransi,bersahabat/komunikatiftanggung jawab dan juga sopan santun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Kegiatan Keagamaan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 02:48 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:48 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3370 |
Actions (login required)
View Item |