Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII 2 SMP Negeri 6 Siak Hulu

Desmon, Faisal (2017) Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII 2 SMP Negeri 6 Siak Hulu. Undergraduate thesis, Pendidikan Matematika.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 6 Siak Hulu melalui penerapan Metode Penemuan Terbimbing. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII2 SMP Negeri 6 Siak Hulu yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa sudah terlaksana dengan baik dari sebelum tindakan ke sesudah tindakan dan hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari skor dasar ke ulangan harian 1 dan ulangan harian 2. Pada skor dasar jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu 11 orang (42%) dengan rata-rata 71,1. Pada ulangan harian 1 jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 15 orang (57%) dengan rata-rata 75,6. Selanjutnya pada ulangan harian 2 ada 21orang (80%) yang mencapai KKM dengan rata-rata 83. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Penemuan Terbimbing dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 6 Siak Hulu pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 Kata Kunci : Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 6 Siak Hulu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorAlzaber, Alzaberperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorSindi, Ameliaperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 16 Apr 2018 11:03
Last Modified: 16 Apr 2018 11:03
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item