Andes Radianti, AR (2017) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Di Kelas Viii Smpn 5 Siak Hulu Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Pendidikan Biologi.
|
Text
Abstrak.pdf Download (69kB) | Preview |
|
Text
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 2 & Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4 & Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
||
Text
Daftar Pustaka .pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
Abstract
Kesulitan belajar adalah suatu kondisi proses belajar yang ditandai hambatan-hambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang di alami oleh siswa serta mendeskripsikan dan mengetahui faktor dominan yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran biologi di kelas VIII SMPN 5 Siak Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dan kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket kepada responden yang berjumlah 70 siswa yang sesuai dengan indikator kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum siswa di kelas VIII SMPN 5 Siak hulu mempunyai kesulitan belajar biologi yang berasal dari faktor internal yaitu 1) aspek psikologis sebesar 30,94%, dan faktor eksternal yaitu, 2) Aspek lingkungan Keluarga sebesar 39,08%, 3) Aspek lingkungan sekolah sebesar 36,66%, 4) Aspek lingkungan masyarakat sebesar 19,22%. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa SMPN 5 Siak Hulu 1) Kurangnya minat siswa dalam mengatasi kesulitan belajar dengan cara belajar tambahan atau bimbingan belajar diluar sekolah adalah sebesar 84,28%. 2) Kesulitan memahami biologi disebabkan karena siswa tidak memiliki buku paket biologi adalah sebesar 58,57%. 3) Siswa merasa tidak konsentrasi belajar dirumah karena banyak keributan dan suara gaduh adalah sebesar 51,42%. Suasana ribut dan gaduh di kelas juga membuat siswa sulit berkonsentrasi belajar biologi saat jam perlajaran biologi berlangsung adalah sebesar 82,85%. 4) Guru menerangkan pelajaran bilogi terlalu cepat sehingga siswa sulit memahami pelajar biologi sebesar 37,14%. 5) Kurangnya metode bervariasi dalam mengajar pada guru serta kurangnya partisipasi sekolah dalam mengatasi kesulitan belajar dapat dibuktikan melalui laboratorium biologi sangat jarang digunakan adalah sebesar 65,71% siswa menjawab ya. 6) Bahasa latin, ilmiah dan banyaknya hafalan dalam pelajaran biologi membuat siswa kesulitan memahami biologi yaitu sebesar 57,14%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum siswa di kelas VIII SMPN 5 Siak Hulu mempunyai kesulitan belajar biologi baik dari aspek internal maupun ekternalnya. Kata Kunci: kesulitan, siswa, Biologi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Teguh Handoyo TH |
Date Deposited: | 03 Mar 2018 08:24 |
Last Modified: | 03 Mar 2018 08:24 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/28 |
Actions (login required)
View Item |