Ismail, Syofianis and Tarumun, Suardi (2016) Penggunaan Hasil Penelitian Sekolah Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. In: INTERNATIONAL SEMINAR ON EDUCATION (ISE) 2nd, 2016, 20-21 Oktober 2016.
Text
Penggunaan Hasil Penelitian Sekolah Efektif Untuk Meningkatkan Mutu.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Tujuan pendidikan Indonesia telah ditetapkan oleh Undang Undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003. Namun berdasarkan pengamatan di lapangan, esensi UU ini belum diimplementasikan dengan baik. Padahal tantangan masa depan makin berat. Dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat sekolah dituntut untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran dan pendidikan agar sekolah tetap relevan dengan tuntutan masa depan anak sehingga sekolah mampu memberikan nilai tambah kepada anak didik. Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah dapat ditempuh melalui penerapan paradigma sekolah efektif berdasarkan penelitian dan kajian pendidikan. Salah unsur penting dari sekolah efektif ini adalah iklim belajar yang kondusif (a conducive climate to learning). Tujuan makalah ini adalah menganalisis beberapa karakteristik dari sekolah yang efektif (characteristics of effective school) yaitu: iklim belajar yang kondusif dan dikaitkan dengan Undang Pendidikan Nasional dan pelaksanaan (implementasi) pendidikan dan pengajaran di sekolah di Indonesia
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah efektifitas, iklim belajar yang kondusif, nilai tambah pendidikan |
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mia |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 03:54 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 03:54 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/22326 |
Actions (login required)
View Item |