Analisa Jalan Berkeselamatan Pada Ruas Jalan Teluk Kuantan-Muara Lembu

Masrianto, Masrianto (2019) Analisa Jalan Berkeselamatan Pada Ruas Jalan Teluk Kuantan-Muara Lembu. Masters thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
173121001.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Ruas jalan Teluk Kuantan – Muara Lembu adalah jalan yang menghubungkan Kota Teluk Kuantan dengan Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Lintas Teluk Kuantan – Muara Lembu (Km 23 – Km 27), dengan tujuan untuk mengetahui apakah ruas jalan ini sudah termasuk jalan yang berkeselamatan (forgiving road, self explaining road dan self enforcemen road), untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadi kecelakaan dan penerapan jalan yang berkeselamatan guna meminimalisir angka kecelakaan pada ruas jalan Teluk Kuantan –Muara Lembu Adapun metodologi penelitian ini dilakukan dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 11/PRT/M/2010 dan survai langsung di lokasi. Data korban kecelakaan lalu lintas tahun 2015-2017 diperoleh dari Satlantas Polres Kabupaten Kuantan Singingi. Berdasarkan hasil analisa ruas jalan ini sering terjadi kecelakaan. Faktor penyebab terjadinya kecelakaan umumnya disebabkan oleh geometrik jalan, pengguna jalan lengah dan tidak didukung oleh rambu yang lengkap serta bangunan pendukung lainnya sebagaimana yang telah diatur dalam undangundang Nomor 22 tahun 2009 tentang jalan berkeselamatan. Perlunya perbaikan pada geometrik, pembersihan damija, memperbaiki perkerasan bahu jalan dan pemasangan rambu yang lengkap dan jelas sesuai kondisi jalan. Untuk mengurangi dan menekan banyaknya kejadian kecelakaan yang terjadi, ruas jalan Teluk Kuantan Muara Lembu Km23-Km 27 harus segera dilakukan peningkatkan aspek teknis laik bersyarat jalan menjadi laik (berkeselamatan). Untuk mewujudkan jalan yang berkeselamatan disarankan untuk perbaikan sesuai rekomendasi, Jari-jari pada tikungan yang tajam sebaiknya diperbesar, jika perlu hilangkan beberapa buah tikungan menjadi lurus mengikuti jalan jalan setapak yang ada di sana dan ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Accident Rate, Black Spot dan jalan berkeselamatan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: > Teknik Sipil S.2
> Teknik Sipil S.2
Depositing User: Novri
Date Deposited: 02 Jun 2020 04:30
Last Modified: 02 Jun 2020 04:30
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

View Item View Item