Penerapan Model Thik, Talk, Write (Berpikir, Berbicara, Menulis) Dalam Meningkatkan Pembelajaran Menulis Teks Berita Kelas VIII Di SMPN 5 Bantan Kabupaten Bengkalis Tahun Pelajaran 2019/2020

Sari, Novi Nurfaika (2021) Penerapan Model Thik, Talk, Write (Berpikir, Berbicara, Menulis) Dalam Meningkatkan Pembelajaran Menulis Teks Berita Kelas VIII Di SMPN 5 Bantan Kabupaten Bengkalis Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
166210779.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Teks berita merupakan suatu teks yang di dalamnya mengandung sebuah informasi yang bersifat fakta mengenai suatu hal atau kejadian yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Model yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah model think, talk, write (berpikir, berbicara, menulis) dengan upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menulis teks berita dan mudah dipahami oleh pembaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan data dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia memahami teks berita. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII.B SMPN 5 Bantan yang berjumlah 22 orang. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pada siklus I rata-rata kemampuan siswa meningkat dari 68,81 (pra siklus) setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 73,31. Pada siklus II kemampuan siswa dalam menulis berita mengalami peningkatan menjadi 80,22. Rata-rata aktivitas guru meningkat dari 77,77% pada siklus I dan menjadi 94,73% pada siklus II. Kemudian rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I 44,44% menjadi 78,94% pada siklus II. Jadi hipotesis dalam penelitian berbunyi jika dengan menerapkan metode think, talk, write (berpikir, berbicara, dan Menulis) dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII.B SMPN 5 Bantan Kabupaten Bengkalis Tahun Pelajaran 2019/2020. Rata-rata kemampuan siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Thik, Talk, Write (Berpikir, Berbicara, Menulis) dalam membuat sebuah teks berita mengalami peningkatan yang cukup singnifikan. Sehingga dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi ”jika penerapan model Think, Talk, Write (Berpikir, Berbicara, Menulis) dapat meningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks berita yang dilaksanakan oleh Kelas VIII.B SMPN 5 Bantan Kab. Bengkalis Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorNazirun, NazirunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Think Talk Write, Menulis Teks Berita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Febby Amelia
Date Deposited: 01 Apr 2022 08:15
Last Modified: 01 Apr 2022 08:15
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/9758

Actions (login required)

View Item View Item