Maryono, Maryono (2018) Analisis Kualitas Pelayanan Air Bersih oleh PDAM Tirta Siak di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Undergraduate thesis, Teknik Perencanaan Wilaya dan Kota.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (291kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
||
Text
bab6.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
Abstract
Peranan dan fungsi air minum sangat vital bagi hidup dan kehidupan manusia. Penyediaan air minum yang memadai bagi penduduk baik di perkotaan maupun pedesaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pemerintah untuk memenuhi salah satu kebutuhan dasar manusia. Tujuan penelitian (1) mengetahui kualitas pelayanan air bersih; (2) mengetahui kualitas air yang diberikan PDAM Tirta Siak yang dialirkan ke rumah-rumah warga untuk masak, cuci dan mandi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif serta dianalisis dengan rumus index untuk setiap indikator menggunakan skala Likert. Mengingat jumlah populasi sangat sedikit maka keseluruhan 135 pelanggan sebagai sampel. Metode pengumpulan data adalah teknik observasi, telaah pustaka, teknik angket. Sumber data diperoleh dengan pendekatan survei lapangan dan penyebaran angket kepada sampel penelitian. Metode analisis menggunakan skala pengukuran instrument, uji kualitas data, uji realibilitas, uji validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan untuk indikator keakuratan pelayanan dengan skor rata-rata 66,70 %, indikator kemudahan mendapatkan pelayanan dengan skor rata-rata 66,15%, indikator ketepatan waktu pelayanan dengan skor rata-rata 62,61%, kesopanan dan keramahtamahan dengan skor rata-rata 58,42 %, kenyamanan dalam pelayanan dengan skor rata-rata 54,30 %, untuk atribut pendukung pelayanan dengan skor rata-rata 46.07%. Secara keseluruhan dengan skor rata-rata 59,00% lalu dilihat pada kriteria interprestasi skor maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan air bersih di Kecamatan Rumbai tergolong sedang. Kualitas air bersih yang dialirkan kerumah konsumen di Kecamatan Rumbai, diuji dengan indikator bau skornya 43,85%, indikator bersuhu normal skornya 42,52%, indikator rasa skornya 37,63 %, indikator warna skornya 34,07 % dan indikator kekeruhan skornya 39,4%. Secara keseluruhan dengan skor rata-rata 39,50% lalu dilihat pada kriteria interprestasi skor maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas air bersih PDAM di Kecamatan Rumbai tergolong tidak baik Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Air Bersih, PDAM Tirta Siak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering | |||||||||
Divisions: | > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2018 10:20 | |||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2018 10:20 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/881 |
Actions (login required)
View Item |