Zetriuslita, Zetriuslita (2016) Profil Kemampuan Disposisi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Level Akademik. In: Strategi Mengembangkan Kualitas Pembelajaran Matematika Berbasis Riset, 6 Februari 2016, Riset Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unswagati, Cirebon.
|
Text
pdfresizer.com-pdf-resize(1).pdf - Published Version Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
Prosiding3.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan disposisi matematis mahasiswa berdasarkan tingkat kemampuan akademik. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil tes diambil dari ujian akhir semester (UAS) mata kuliah kalkulus 1. Angket digunakan untuk menggambarkan disposisi siswa terhadap pela-jaran matematika. Populasi adalah seluruh mahasiswa tingkat pertama program studi pendidikan matematika Universitas Islam Riau yang sedang mengambil mata kuliah kalkulus yang berjumlah 205 mahasiswa yang terdiri dari 5 kelas. Dari 5 kelas, sampel (kelas) dipilih secara acak, terpilih dua kelas (1A dan 1D). Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa secara keseluruhan kemampuan disposisi matematis mahasiswa terhadap matematika adalah 56,5% masih dalam kategori “cukup”. Berdasarkan level akademik, mahasiswa kelompok tinggi, sedang dan kemampuan rendah sama-sama memiliki kemampuan disposisi matematis berkategori “cukup”.Belum tampak perbedaan kemampuan disposisi matematis pada level akademik secara signifikan.Perlu adanya penelitian lanjut dalam usaha memperbaiki proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan disposisi matematis, khususnya dari indikator kepercayaan diri dan tekun.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Vonny Winda Sari |
Date Deposited: | 15 Sep 2018 10:52 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 02:02 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/862 |
Actions (login required)
View Item |