Ogi, Randika Martin (2017) Makna Simbolik Pada Seni Ilustrasi Iklan Rokok GG Mild Versi Atreyu Moniaga 2017 (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate thesis, Ilmu Komunikasi.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (251kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (61kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (706kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (139kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna simbolik pada seni ilustrasi iklan rokok GG Mild versi Atreyu Moniaga 2017 dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini berawal dari iklan GG Mild yang selalu dibuat dengan balutan seni ilustrasi yang sangat kental dan menarik untuk dilihat, dan didalam iklan ini terdapat simbol-simbol yang ingin di cari tahu maknanya melalui semiotika Roland Barthes. Yaitu dengan signifikasi dua tahap dengan tahap pertama adalah denotasi dan tahap kedua adalah konotasi, kemudian menambahkan mitos dalam teorinya yang lahir dari denotasi. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi, dan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menemukan bahwa iklan GG Mild dihadirkan untuk kaula muda, dengan konsep ilustrasi yang bermakna, seperti kekonsistenan sebuah produk GG Mild yang di gambarkan melalui sebuah ilustrasi garis bergerak, kemudian bentuk keberanian GG Mild untuk bersaing dengan produk lain di gambarkan melalui sebuah ilustrasi hewan, rasa yang khas tergambar dari sebuah ilustrasi lidah, dan status nasionalis yang hadir dari warna khas GG Mild yaitu merah dan putih, yang kesemua itu di hadirkan untuk mewakili sifat anak muda yang menjadi target dari produk ini. Sehingga konsep ilustrasi dianggap mampu untuk mencuri perhatian kauala muda sekaligus untuk membedakan iklan GG Mild dengan iklan produk lain. Kata Kunci: Makna Simbolik, Mitos, Iklan GG Mild
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications | |||||||||
Divisions: | > Ilmu Komunikasi | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2018 12:27 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2018 12:27 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/783 |
Actions (login required)
View Item |