Rika, Hermawanti (2018) Studi Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS Pada Rumah Sakit Tandun Kabupaten Kampar. Undergraduate thesis, Administrasi Publik.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (117kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
||
Text
bab6.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (18kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan ,Pasien BPJS, dan Rumah Sakit Tandun Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencoba mendeskripsikan mengenai kualitas pelayanan kesehatan pasien BPJS pada Rumah Sakit Tandun. Dalam hal ini masih terdapat fenomena dan permasalahan mengenai jumlah Sumber Daya Manusia yang terbatas, sehingga menyebab kurangnya kepedulian terhadap pasien karena lebih banyak jumlah pasien dibandingkan dengan jumlah tenaga kerja dan jumlah fasilitas yang terbatas. Hal tersebut mempengaruhi Sumber Daya Manusia yang tersedia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode Deskriftif, dengan teknik analisa data kuantitatif di bantu dengan wawancara. Populiasi dalam penelitian ini diambil dari para pasien yang merasa tidak puas dengan kualitas pelayanan Rumah Sakit. Jenis data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder, data primer merupakan data yang didapatkan melalui kunsioner dan wawancara sedangkan data sekunder berupa dokumentasi atau peraturan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Rumah Sakit Tandun. Setelah melalui proses penelitian dan penyajian serta analisis data, dapat disimpulkan bahwa pelayanan rawat inap pasien BPJS pada tiap tingkatannya di Rumah Sakit tandun yang terdiri dari akses terhadap pelayanan, efektifitas, hubungan antar manusia, efisiensi, kompetensi teknis, keamanan, kenyamanan dan kontunuitas dalam kategori yang Cukup Baik. Namun kenyataan masih terdapat beberapa hambatan dalam Studi Kualitas Pelayanan Kesehatan pasien BPJS dalam hubungan antar manusia seperti jumlah Sumber Daya Manusia terbatas, dari segi efektifitasnya masih belum optimal dalam memberika pelayanan kepada pasien dan jumlah fasilitas yang tersedia masih jauh dibawah rata-rata. Hal ini dapat dilihat dari jumlah tempat tidurnya sedikit, alat-alat medis yang terbatas, karena jumlah tenaga kerjanya yang menangani, sehingga menghambat perkembangan kualitas pelayanan rumah sakit tersebut. Dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana yang masih tergolong kurang memadai serta kompetensi para medis yang masih tergolong kurang memadai dan keramah tamahannya. Sehingga dapat disarankan kepada Rumah Sakit Tandun Kabupaten Kampar untuk dapat melengkapisarana dan prasarana, serta kelengkapan penunjang semua pelayanan rawat inap pada pasien BPJS sehingga dapat dijadikan pelayanan menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | |||||||||
Divisions: | > Administrasi Publik | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2018 12:25 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2018 12:25 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/770 |
Actions (login required)
View Item |