Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 32 Pekanbaru

Yupetriadi, Yupetriadi (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 32 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
YUPETRIADI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 32 Pekanbaru YUPETRIADI NPM.166410487 Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Riau. Dosen Pembimbing: Fitriana Yolanda, S.Pd., M.Pd ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi kubus dan balok yang valid. Metode penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi dengan langkah-langkah sebagai berikut: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas desain, revisi desain dan produk akhir. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan lembar validasi LKPD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data lembar validasi dari dua Dosen Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau dan dua orang guru matematika di SMP Negeri 32 Pekanbaru. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah adalah analisis data validasi. Hasil penelitian ini diperoleh validasi RPP 86,40% dengan kategori sangat valid dan LKPD 85,65% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Pekanbaru yang teruji kevalidannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pengembangan Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), RPP dan LKPD
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Febby Amelia
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:32
Last Modified: 07 Mar 2022 07:32
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/7693

Actions (login required)

View Item View Item