Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIb SMP Negeri 004 Logas Tanah Darat

Putri, Ida Haily (2019) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIb SMP Negeri 004 Logas Tanah Darat. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
126410547.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIb SMP Negeri 004 Logas Tanah Darat Tahun Ajaran 2018/2019 dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 21 September 2018 sampai tanggal 23 Oktober 2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data dari penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru, dan lembar tes UH I dan UH II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) teknik non tes dilakukan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas guru dan siswa yang dilakukan setiap kali pertemuan, (2) tejnik tes hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa ulangan harian, setelah itu data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif. Dari hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Persentase siklus pertama menunjukan bahwa penerapan pendekatan CTL, siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 76,92%. Sementara, pada siklus kedua, persentase siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 96,15%. Berdasarkan hasil tersebut, kita dapat menyimpulkan penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIb Negeri 4 Logas Tanah Darat pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching Learning (CTL), Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Mohamad Habib Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2022 14:16
Last Modified: 04 Mar 2022 14:16
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/7476

Actions (login required)

View Item View Item