Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Di Kelas Xi Mipa Sma Negeri 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Heryani, Novia (2019) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Di Kelas Xi Mipa Sma Negeri 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
146510056.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran Biologi di kelas XI SMA Negeri 2 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 17 April sampai 23 April 2018. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pekanbaru dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik proportionate stratified random sampling sehingga sampel pada penelitian berjumlah 103 siswa. Angket yang disebarkan terdiri dari 45 penyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Pekanbaru (1) Pada akademik tinggi, kesulitan belajar pada faktor internal yaitu : 1) faktor fisikologi sebesar 56%, 2) faktor psikologi sebesar 76,37% dan faktor eksternal yaitu, 1) aspek keluarga 86,16%, 2) faktor sekolah 62,80%, 3) faktor masyarakat 57,26%. (2) Pada akademik sedang, kesulitan belajar pada faktor internal yaitu: 1) faktor fisiologi 57,26%, 2) faktor psikologi 64,17%, dan faktor eksternal yaitu: 1) faktor keluarga 65,47%, 2) faktor sekolah 57,89%, 3) faktor masyarakat 62,51%. (3) Pada akadmik rendah, kesulitan belajar pada faktor internal yaitu: 1) faktor fisiologi 37,60%, 2) faktor psikologi 48,86%, dan faktor eksternal yaitu: 1) faktor keluarga 71,28%, 2) faktor sekolah 38,57%, 3) faktor masyarakat 46,70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dikelas XII MIPA SMA Negeri 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 tingkat akademik tinggi memiliki faktor kesulitan belajar siswa dalam kategori cukup terdapat faktor fisiologi dengan persentase 56%. Tingkat akademik sedang memiliki faktor kesulitan belajar siswa dalam kategori cukup terdapat faktor fisiologi dan sekolah dengan persentase 57,26% dan 57,89%. Tingkat akademik rendah faktor kesulitan belajar siswa dalam kategori rendah terdapat faktor psikologi dan faktor sekolah dengan persentase 37,60% dan 38,57%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mohamad Habib Junaidi
Date Deposited: 02 Mar 2022 10:09
Last Modified: 02 Mar 2022 10:09
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/7216

Actions (login required)

View Item View Item